Berawal dari saat saya masih duduk di bangku SMP yang sangat
mengidam-idamkan sosok Om saya yang sudah sukses di Jakarta di bidang
Komunikasi membuat saya berpikir saya ingin seperti om saya tersebut. Setelah
saya sudah duduk di bangku SMA pun saya memilih di jurusan IPS karena menurut
saya jurusan tersebut akan sangat menunjang ketika saya memilih Kuliah yang
akan datang. Dan pada saat saya memilih Universitas dan Jurusan yang akan saya
tuju akhirnya saya memantapkan hati saya untuk memilih jurusan Ilmu Komunikasi
Universitas Gadjah Mada sebagai tujuan saya selanjutnya untuk melanjutkan studi
saya. Walaupun saya gagal pada saat seleksi masuk lewat jalur undangan tapi
tidak menciutkan hati saya untuk masuk di Ilmu komunikasi UGM. Akhirnya pada
saat ujian tertulis masuk perguruan tinggi negeri saya di terima di pilihan
pertama saya yaitu Ilmu Komunikasi UGM dari ketiga pilihan saya yaitu Ilmu
Komunikasi UGM , Ilmu Komunikasi UI, dan yang terakhir Ilmu Komunikasi UNS.
Disisi lain salah satu pertimbangan saya selain dari faktor
motivator saya yaitu om saya , saya juga memiliki pertimbangan lain. Di antara
ialah faktor tentang ruang lingkup ilmu komunikasi. Dalam sebuah artikel saya
pernah menemukan kata :
“Kuasai dulu Media, Maka kau akan menguasai dunia”
Dalam kalimat tersebut mengatakan betapa berpengaruhnya
media bagi umat manusia. Dan ilmu komunikasi lah yang mengaji tentang media
tersebut. Dengan ilmu komunikasi jugalah kita bisa lebih mengerti tentang kegiatan komunikasi yang terjadi di
sekitar kita maupun di dunia. Karena pada dasarnya tidak ada manusia yang tidak
melakukan komunikasi di dalam kehidupannya. Jadi pada intinya komunikasi ialah
hal yang tidak pernah bisa lepas dari kehidupan manusia.
Pada saat pertama masuk kuliah pun mata kuliah yang di
ajarkan di ilmu komunikasi sangat menarik bagi saya. Di antaranya ialah
pengantar ilmu komunikasi, dasar-dasar penulisan, CDC, dan lain-lain yang
membuat saya sangat bersemangat untuk mempelajarinya.
Sedangkan faktor dari diri sendiri kenapa saya memilih ilmu
komunikasi ialah sangat tertariknya saya masuk di Dunia Entertain seperti
perfilman , fotografi , atau musik. Hobby saya juga pun menunjukan bahwa saya
memang sangat cocok untuk masuk di Ilmu Komunikasi. Di antaranya ialah membuat
film , berbicara di depan publik , membuat desain-desain, bermain musik ,
fotografi dan lain-lain. Hal itu lah yang sangat menarik saya untuk melanjutkan
studi saya di Ilmu Komunikasi.
Selain itu pula media massa merupakan salah satu peluang
bisnis yang besar pada masa depan. Hal ini di tandainya dengan semakin maju nya
teknologi di bidang media massa seperti halnya di temukan nya internet. Bukan
hanya hal itu saja melainkan setiap manusia di dunia ini tidak ada yang tidak
bisa lepas dari pengaruh media massa. Hal ini tentu saja merupakan salah satu
investasi yang sangat besar sekali profitnya. Sebagai contoh orang yang telah
sukses dalam bidang media massa ialah Hanry Tanoe selaku pemilik MMC Group di
Indonesia, Steve Jobs yang merupakan pendiri Apple, serta Bill Gates selaku
pemilik perusahaan Microsoft. Ketiga orang ini sangat menerapkan ilmu
Komunikasi di dalam kehidupannya sehingga bisa memegang media massa dunia dan
pada akhirnya mereka memiliki profit yang sangat luar biasa. Maka dari itulah
saya juga termotivasi untuk masuk ilmu komunikasi ialah untuk menciptakan binis
melalui media massa.
#BRIDGINGCOURSE
0 komentar:
Posting Komentar