Minggu, 25 Mei 2014

Lokananta ?


12 Mei 2014, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada melakukan short trip ke dua tempat bersejarah di Indonesia menn…. tempat itu ialah Studio Lokananta dan Museum Pers Indonesia. tau ngak ?? sama aku juga ngak tau sebenarnya.

Pagi itu aku bangun setengah 5 pagi. inget pocong kalo bangun tidur kaya gimana ? posisi badan langsung ditekuk seperti orang lagi sit up. “alamak!!” itu reaksi pertamaku kalo aku kebangun tiba-tiba. Bayangin kalo 2 aksi tersebut gabungkan menjadi satu. Nah reaksi itulah yang terjadi di pagi itu men. Shock abis deh pokoknya. Jelas lah, waktu itu aku bangun cahaya matahari udah masuk di kamar kosan hampir sepenuhnya, padahal temen-temen bilang kalo pada kumpul jam 6 pagi. mati aku kalo sampai telat aku harus berangkat naik motor ke Solo. Mandi bentar terus langsung deh berangkat ke kampus dengan keadaan sedikit berantakan.

Sampai ke kampus waktu telah menunjukan waktu pukul 6 pagi lebih 10 menit setengah. Untungnya teman-teman masih belum berangkat. Cukup deh waktu untuk sarapan dikampus. Jam setengah 8 masih belum berangkat juga dan pantas untuk dipertanyakan.
“hey men kapan ni kita berangkat?” tanyaku
“kagak tau ni, katanya jam setengah 8” jawabnya
“loh ini uda jam setengah 8 men” balesku
“oh iya po cok ? ya udah ayo berangkat, bisnya udah di samping lapangan tuh”
“ whot -_____-“ pasang muka datar sedatar mungkin kaya tembok yang baru dibangun.
          
      Setelah itu berangkat deh dari kampus tercinta UGM menuju ke Solo untuk mengunjungi kedua tempat yang epic dan tua, setua kakekku sekarang. Perjalanan dari kampus di Jogja sampe ke Solo membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam. Agak lama sih emang, tapi cukuplah untuk memejamkan mata di bus. Hahaha…
                Tujuan pertama dari shorttrip ini ialah ke studio lokananta. Lokananta ini epic banget men, gedungnya itu classic-classic gitu. Catnya itu udah pudar-pudar gitu. Suasananya serem-serem gitu. Mungkin Rudy Kawilarang akan berkunjung kesitu gitu.
                Namun itu reaksi pertamaku ketika berada didepan gedung yang memiliki tulisan “Lokananta” di atas atapnya. Setelah masuk kedalam gedungnya itu pecah banget men. Gila.. gue serasa masuk kedalam lorong waktu gitu. Gue serasa mundur 50 tahun lamanya, yang dimana sekarang tahun 2014, gue jadi serasa di tahun 1964. Mirip jaman tahun 60-an gitu. Uh suasananya mantap abis men.. ni gue kasih gambar-gambar di Lokananta.
Gimana ? epic banget kan men ? classic bangetkan ? pokoknya rasanya serasa jadul dah.

                Setelah gue masuk kedalam auditorium Lokananta yang buat rekaman musik itu aku jadi tau men mengenai sejarah Lokananta. Pengen tau sejarahnya men ? alihkan padangan matamu ke arah bawah terus geser kekiri dikit dan mulai membaca dari………
SINI !. Jadi studio Lokananta itu ialah studio paling tua di Indonesia men. Studio musik rekaman pertama itu ya Lokananta itu. Lokananta itu didirikan pada tahun 1956 dan berlokasi di Solo, Jawa Tengah. Sejak berdirinya, Lokananta mempunyai dua tugas besar, yaitu produksi dan duplikasi piringan hitam dan kemudian cassette audio. Tau piringan hitam ngak men ?? kalo ngak tau chek gambar dibawah. Jeng.. Jeng…..


Oh bukan, salah upload. Itu piring ibuku didapur yang warnanya item men. Chek bawah lagi..


Ini dia yang dimaksud piringan hitam. Keren abis ngak ? Mengkilap gitu. Warnanya hitam gitu.  itu bisa buat main DJ gitu. Hahaha.. namun tau ngak kenapa dikasih nama piringan hitam ? karena nih benda warnanya item. Piringan hitam sendiri sudah ada mulai ada sejak tahun 1948. Jadi piringan hitam ini merupakan kaset alias perekam suara jaman doeloe gitu. Kakek-kakekmu dulu pasti tau deh mengenai piringan hitam ini.
Nah Lokananta inilah yang jadi studio rekaman penghasil karya-karya musisi dulu menggunakan piringan hitam ini. Sampai sekarangpun piringan hitam di Lokananta masih ada men. Nih buktinya aku foto sama tu piringan hitam.


Wuish.. keren abis kagak ? foto sama piringan hitam itu menambah nilai kejadulan 50% men..
Ada juga nih tempat penyimpanan piringan hitam di Lokananta. karya-karya ditempat itu banyak banget men. Ada karya dari simbah-simbah kita dahulu yang menjadi legenda musisi seperti Wald Jinah, Gesang, Titiek Puspa, Bing Slamet, dan Samsaium. bahkan beberapa waktu lalu penyanyi Glenn Fredly merilis album DVD Live yang bertajuk Glenn Fredly & Bakucakar Live from Lokananta. wush..  keren ngak ? keren ngak ? keren ngak…?
Kata pengelola studio Lokananta, namanya itu bapak………….. duh aku lupa namanya. Pokoknya bapak Lokananta itu bilang kalau Lokananta jaman dulu itu berfungsi untuk menyatukan budaya di Indonesia melalui musik-musik gitu. Nah Lokananta jaman dulu itu didirikan oleh Departemen Penerangan Negara yang sekarang udah dibubarin.  kakek Maladi bersama dua rekannya R. Oetojo Soemowidjojo dan R. Ngabehi Soegoto Soerjodipoero dibantu oleh Ir. Soekarno lahirnya sang buah hati studio musik rekaman Lokananta.
Terakhir nih aku bakal kasih tau mengenai studio Lokananta masa sekarang melalui hasil jepretanku di Studio Lokananta. Jadi segera seret keatas layar komputer atau laptopmu sekarang.



keren kagak ? miripkan sama kakak gue ? coba tengok kebawah dikit..


huahahahahahahahaha... masa depanku tuh .. haha.. amin.....
  Nah selanjutnya aku bakal kasih tau mengenai satu lokasi lagi yang menjadi salah satu tempat tujuan dari short trip Ilmu Komunikasi UGM selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.