Rabu, 03 September 2014

Hewanpedia Project 2015

Hewanpedia, situs mengenai informasi atau guide book mengenai hewan dan tumbuhan yang inginnya menjadi yang terbesar dan resmi di Indonesia. setidaknya itulah target utama situs yang ku dirikan pada tahun 2012 lalu.

2 situs besar yang sekarang telah bercampur menjadi satu di Hewanpedia.com. terdiri dari Zonaikan.com dan Hewanpedia.com. tak mudah memang mendirikan dan mengelola situs besar tersebut secara bersamaan. apalagi yang mengurus mengenai kedua situs ini hanya 2 orang saja. sadar banget bahwa mungkin kisahku dan temanku Yuli hampir mirip seperti pendiri situs forum jual beli terbesar sekarang ini yaitu Kaskus. Namun yang jadiku pikirkan ialah apakah Hewanpedia bisa sesukses Kaskus kedepannya ?

ya bagi ku nothing is impossible and everything is possible. Mengingat kesuksesan dari meledaknya situs Zona Ikan di akhir 2012, yang dimana pengunjung mencapai 2500+ pengunjung perharinya, dan bahkan aku mendapatkan tawaran untuk kerja sama dengan salah satu orang dari China untuk usaha export import.

bagiku aku ingin mengulang masa itu kembali di Hewanpedia dan mengabadikan masa itu. Misi besar menantiku kedepannya nanti terutama pada tahun 2015. Aku memiliki rencana bahwa aku ingin mengembalikan kejayaan Hewanpedia Kembali. mulai dari melipat gandakan pengunjung dan jika bisa aku ingin memiliki penghasilan lagi melalui situsku. namun aku tidak berkonsentrasi kepada uang, namun Quality dan Quantity.

Sedikit bocoran untuk gambaran kemana arah Hewanpedia ini kedepannya ialah aku ingin membuat Hewanpedia ini memiliki hak paten dan hak cipta resmi dari pemerintah Indonesia. tentu hal itu tidak mudah karena satu hal yang aku pelajari dari hasil kuliahku di jurusan Ilmu Komunikasi bahwa ada serangkaian syarat dan sistem untuk mematenkan hasil karya di pemerintahan. ya walaupun sebagian orang menganggap bahwa dunia maya itu tidak harus memiliki hak paten karena dunia maya bebas untuk berekspresi. namun aku tak ingin terlena dalam hal tersebut. bagiku hak paten ialah suatu penghormatan untuk suatu masterpiece.

Tentu dengan target yang sebesar itu maka bukanlah hal yang mudah. banyak yang harus aku benahi di Hewanpedia. mulai dari sisi artikel, tampilan, media sosial, dan sebagainya. PR yang cukup berat mengingat bahwa pengurus Hewanpedia hanya 2 orang. aku dan temanku Yuli. itu saja Yuli hanya membantu di sistem dan tampilan. untuk artikel dan sebagainya harus aku selesaikan sendiri. memang tidak mudah. tapi inilah suatu tantangan tersendiri buatku kedepannya.

lalu bagaimana hasilnya ? akan ada saatnya aku akan berkata "aku tak percaya aku bisa melakukan ini, perjuanganku selama ini tak sia-sia"

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.