Kamis, 19 Maret 2015

Diskusi Hidup

Malam ini gue sempet ketemu dengan temen gue yang udah senior, udah lulus sih sebenernya. pada saat ketemu dia, gue sempet berdikusi sebenernya ama dia mengenai ya bisa dibilang siklus mahasiswa. gue minta pendapat tuh ama dia soal organisasi dan bisnis. karena jujur gue lagi dilema soal organisasi sama bisnis.

Gue bilang ama dia kalo sebenernya gue ingin berhenti ikut organisasi kampus di tahun ini, ya setidaknya sampe 2015 berakhir karena gue ingin fokus jalanin bisnis dulu. karena orang kalo kagak fokus gue yakin akan susah untuk majunya. selama pertemuan ini ada beberapa hal yang gue garis bawahi yang menjadi poin diskusi kita tadi.

Siklus Alami Mahasiswa

dia sempet bilang ke gue kalo mahasiswa itu punya siklus. dari awal masuk hingga lulus bahkan setelah lulus. siklusnya cukup sederhana sebenernya yaitu Masuk-Pembiasaan-Organisasi-Skripsi-Lulus. siklus itu katanya hampir terjadi disemua mahasiwa.

Ya kalo gue pikir-pikir ada benernya soalnya gue percaya ketika kita masuk bangku kuliah, yang kita lakukan pertama kali ialah mengenal lingkungan baru. setelah itu kita mulai punya tu aktifitas dalam atau luar kampus seperti organisasi atau kepantiaan alias ngevent atau bisnislah. sehabis itu maka lo akan sampai ketitik dimana skripsi mulai menghantui lo. lo bakalan dikejar-kejar ama ortu dengan pertanyaan "kapan selesai skripsi / kapan lulus ?". ketika sampai pada fase itu lo mulai sadar tuh kalo saatnya lo pensiun dari skripsi. titik akhirnya ialah lulus. namun titik akhir ini ialah titik awal menuju hal yang bakalan lebih keras daripada lo kuliah. Kebanyakan mahasiswa bakalan bingung, dia bakalan kerja di perusahaan atau buat bisnis sendiri. Biasanya orang bakal kesandung tuh disitu. dilema besar bakal muncul bak semisal lo harus milih salah satu diantara Pevita Pearce atau Reline Syah.

Katanya temen gue, siklus itu akan lo pahami ketika lo sampai pada titik pemilihan karir kedepan setelah lulus. dari situ gue sadar kalo ternyata keinginan gue untuk berhenti organisasi ialah siklus alami yang dialami hampir setiap mahasiswa.

Masa Depan & Kesuksesan

Kita mungkin sering denger kalo kesukesan orang kagak ada yang tau. bisa aja lo sukses umur 20 / 30 / 40 / 50 / 60 misalnya kayak pendirinya KFC. temen gue bilang kalo itulah mengapa Allah SWT menciptakan masa depan. kalo semisal manusia dikasih tau masa depan mereka kaya gimana, maka  pasti manusia takan pernah bekerja.

Disitu gue kembali termenung buat meratapi posisi gue sekarang. kembali lagi, gue emang lagi bener-bener pusing masalah jalan mana yang harus gue tuju buat wujudin impian gue. istilahnya gue berlayar tanpa angin, tak menentu arah dan tujuan gue. Malah dulu gue sempet terbesit buat pergi ke anak Indigo buat ngeliatin masa depan gue kayak gimana. namun gue sadar kalau sebenernya kita udah berada dijalan yang tepat sekaligus jalan yang lo lakuin itu kelihatan salah arah. satu hal yang gue selalu yakini bahwa Allah SWT selalu ada disisi gue untuk ngasih petunjuk gue gimana cara lewatin tuh jalan.

Satu pesen yang dikasih ke temen gue ialah, percayalah ama jalan yang gue pilih, positive thinking. lewati jalan itu tanpa pernah berhenti.

Blue Print Hidup

Seperti ibarat kita bangun gedung yang raksasa bak tower BNI yang di Sudirman, proses pembangunan itu membutuhkan waktu yang lama dan satu demi satu. kagak mungkin kan tu gedung tiba-tiba muncul ajaib dan langsung udah jadi. satu hal yang kita ingin bahwa pada saat buat tuh gedung, Blue print harus ada. tentu tujuannya ialah buat mempermudah diriin gedung, semakin bagus blue print nya maka gedung akan cepat jadi dan kokoh.

Perumpamaan itulah yang bisa kita terapin didalam kehidupan. kehidupan emang harus punya Blue Print yang jelas. setidaknya kita tau gimana cara membangun impian yang benar. walau tak banyak tipe orang jalanin hidupnya mengikuti arus yang ada.

Namun gue punya pandangan lain mengenai pesan yang dikasih temen gue ini. jadi orang emang harus buat Blue Print hidup untuk membangun impian itu. Satu yang harus digaris bawahi ialah, manusia bergerak dan gedung diam. oke fine gedung dapat dibuat dengan blueprint yang bagus dan seperti itu terus sampe tu gedung jadi. tapi manusia beda. Blue print manusia tidak sama dengan Blue Print gedung. Blue Print manusia harus blue print yang fleksibel atau bisa berubah setiap saat karena kita tau bahwa dunia ini slalu berubah setiap saat, tapi disisi lain tujuan harus tetap membangun nah itulah yang menurut gue ialah tantangan paling besar setiap orang, yaitu membuat Blue Print hidup yang fleksibel tapi tetap membangun impian.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.