Selasa, 17 Maret 2015

Meet The CEO : Heri Kuswanto Pita Biru

Gue bersyukur hari ini gue bisa ketemu salah satu CEO topcer advertising di Jogja. Beliau ialah bapak Heri Kuswanto. Petemuan gue dengan beliau bisa dibilang tidak disengaja karena waktu gue ketemu bilau, gue lagi di tugasin buat jalin kerja sama event gue dengan perusahaan pak Heri yaitu Pita Biru.

Ceritanya..

Pak Heri sempet bercerita bahwa asal mula beliau mendirikan Pita Biru karena kecelakaan dari suatu tragedi. jadi Tragedinya itu ialah ketika ia bertemu dengan seorang bapak pemilik bengkel yang kaya waktu itu ( gue lupa nama bapaknya siapa ). nah dari pertemuan itu bapak kaya nya bilang

"Lihat tuh mas, tumpukan yang daftar jadi kepala bengkel banyak banget. Males saya bacanya"

Dari kalimat itu, temen pak Heri yang gue kagak tau namanya juga tapi gue inget kalo temennya sekarang kerja di pertambangan bilang ke Pak Heri bahwa jangan sampai besok pak Heri dan temennya bernasib sama seperti tumpukan lamaran kerja itu karena pada saat itu pak Heri merupakan sarjana Teknik Mesin.

Menyadari hal itu, Pak Heri kemudian mengubah halauannya dari Teknik Mesin menjadi seorang enterpreneur. berawal buka jasa umbul-umbul. Yang berujung dengan di cemooh oleh temen-temennya waktu itu "Emang lo bisa makan umbul-umbul ?" ( Sedikit gue translate in ke bahasa anak gahol sekarang ). ya cemooh-cemooh itu datang terus ke pak Heri. namun bagi beliau, cemooh itu merupakan energi yang membakar semangatnya. Beliau selalu mengartikan dengan positive thingking.

Finally, dari jasa pasang umbul-umbul naliko jaman semono, sekarang telah berkembang menjadi salah satu perusahaan advertising yang baik di Jogja. Bahkan beliau telah mempekerjakan sekitar 70 karyawan di Pita Biru. Salut banget pokoknya..

Selain itu beliau sempet ngasih pesen ke gue kalo jadi orang jangan terus-terusan terpaku ama tu IP atau kuliah, harus ke Organisasi, karena organisasi itu yang akan mengantar kalian ke gerbang kesuksesan kalo serius ( GUE SETUJU BANGET OM ). Beliau bercerita kalo dulu beliau merupakan salah satu mahasiswa teknik dengan IP 3,5 terus tiap semesternya ( Teknik + Kumlot = Ngak ngerti lagi bilang apa ) . namun semua itu berubah sejak negara api menyerang. namun semua berubah setelah ketemu ama bapak kaya tadi. Bapak kaya berpesan kalo lo kuliah jangan mentingin IP, para pengusaha lebih nglihat tu seperti apa track record organisasi kalian semasa kuliah. Setelah mendengar kalimat-kalimat itu, Pak Heri merubah haluan buat jadi anak organisasi. Hampir semua organisasi di ikuti seperti organisasi agama, komunitas, pergerakan, dan musik. walau katanya pak Heri kagak tau apa-apa soal musik tapi beliau masih aja tetep join. Dan all hasil nya...... IP pak heri terjun bebas hingga mencapai titik IP 1,6.  Namun semua itu tak berpengaruh karena bisa dilihat dengan kesukessan beliau saat ini.

Pak Heri juga sempet curhat juga soal peminjaman dana pemerintah yang belum memihak pengusaha. Beliau bilang kalo PNS itu lebih mudah mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah karena gajinya terjamin sedangkan pengusaha lebih mendapatkan suku bunga yang tinggi karena belum begitu terjamin. "Yang bener aja, pengusaha itu menghidupi banyak orang, sedangkan pegawai biasanya cuma menghidupi se keluarga. padahal Pita Biru ada 70 pegawai, berarti kan 70 keluarga yang harus di hidupi" kata pak Heri. ya bener juga sih. ini emang cukup sulit untuk pengusaha atau calon pengusaha untuk mempersiapkan bisnisnya karena kebijakan pemerintah terutama Bank belum begitu memihak kepada pengusaha.

Fakta Menariknya...

pada saat sowan dirumah beliau tadi pagi. Beliau sempet kasih gue seleberan yang mengerikan dan membuat para jomblo rentan nikah tercengang dan merenung. NIH !


Wanj*r.. nikah bareng coy. gratis lagi. dan lihat tuh fasilitasnya.. waaa........
Nah itu tuh yang bikin kaget gue ketika tiba-tiba beliau menyodorkan selembarannya pada gue. sempet gue berpikir, ini jangan gue disuruh ikut, ame siapa pak gue nikahnya. pacar aja belom ada.

Ternyata program ini itu merupakan CSR dari Pita Biru. Beliau bercerita pernah riset mengenai fenomena sosial di masyarakat kalo ternyata banyak masyarakat Indonesia yang masing-masing di kelurahannya rata-rata 5 pasangan belum nikah secara resmi oleh negara alias nikahnya di catat di KUA. coba lo bayangin aja kalo rata-rata tiap kelurahan 5 pasangan, lalu berapa jumlah nya kalo se Indonesia ? cukup banyak bukan.

Terus kenape emang kalo nikahnya kagak kecatet di KUA ? kasian anaknya broh... lo mau besok tu anak susah dapet perlindungan hukum karena kagak punya akte kelahiran yang jelas oleh orang tuanya. Kalo tu akte kagak ada, besar kemungkinan kalo gedhenya susah dapetin apa-apa, kalo udah mahsiswa lah, tu anaknya bakal susah depet beasiswa broh. gak cuma itu, kalo semisal besok ya orang tua anak pasangan kawin belum kecatet itu kaga ada, maka besar kemungkinan juga kaga bakal depet warisan.

Nah dari fenomena sosial yang sangat amat jarang disadari masyarakat inilah, Pak Heri tergerak untuk mengadakan Nikah Bareng ini. bagi gue anak komunikasi strategis yang mempelajari Public Relation, program CSR ini sangat bermanfaat sekali untuk memulihkan dan membenai tatanan sosial pada masyarakat saat ini.

Pokoknya gue salut banget dengan pak Heri. Jos pak, mantap, lanjutkan, hebat..

Oya pak Heri juga bilang, kalo dia seneng banget bisa bercerita kisahnya kepada kaum muda karena itu sangat mengasyikan. Beliau bilang kalo semisal Pita Biru udah berusia 20 tahun, dia bakal banyak-banyakan ngeshare pengalaman buat mahasiswa. karena sekarang Pita Biru masih berusia 10 tahun, beliau bilang belum cukup lama untuk menceritakan kisahnya. tapi sekali lagi gue tetep salut kerana 10 tahun aja udah luar biasa apa lagi 20 tahun. tambah gedhe dan sukses dah pastinya.


Sekali lagi terima kasih telah mengshare ilmunya pak. semoga bisa bermanfaat serta sukses terus buat Pita Biru, selalu semakin berjaya dan berkembang seiring berjalannya waktu. amin... yang paling penting, saya tidak mau kalah sama bapak, saya akan melampui bapak. amin... ( motivasi dan doa buat diri sendiri. hehehe )

NB : Hallo Pak Heri, kalau tulisan saya ada yang salah informasinya boleh di benerin kok pak. hehehe :)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.