Minggu, 15 Maret 2015

Pentinngnya Track Record

Kok Penting ?

Track record atau perjalanan hidup merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipelajari. bukan saja dipelajari malahan namun juga di mengerti dan ditulis. hal ini dikarenakan track record berfungsi untuk memberikan informasi untuk melihat bagaimana perjalanan hidupmu atau hidup orang lain.

Istilah Track Record mungkin lebih sering didengar ketika menjelang pemilu. Masyarakat mulai melihat Track Record dari masing-masing calon pemimpin ( itu sih buat masyarakat yang pandai dan kritis terhadap pilihannya ). nah ketika track record ini terlihat maka bisa dlihatkan bagamana perjalanan seseorang.

Namun didunia akademisi track record mungkin lebih akrab dengan sapaan Curriculum Vitae atau CV. nah inilah yang menjadi ujung tombak mahasiswa untuk membuka pintu gerbang kesuksesan. hampir semua pekerjaan sekarang itu pake CV bro. Pertanyaannya,

Sudahkah kalian buat ?

Nah, bagi mahasiswa yang besok pengen kerja, jangan sampe kalian lupain apa itu CV. kalian harus buat tuh CV kalian dengan baik, dan yang paling penting ialah rajin update CV. mungkin pada saat kalian buat CV pertama kalinya, CV kalian itu seperti tak bernilai alias sampah yang isinya data diri kita doang dari nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan status kejombloan kalian ( itu yang gue rasain ketika pertama buat CV. hiks :' ) .

Update, Upgrade, Increase !

So, ketika kalian udah buat tuh CV dan kalian sadar banget kalo perjalanan hidup kalian masih belum berharga, jangan cuma dilihatin doang bro. ketiklah tambahan-tambahan lainnya dengan nambah kolom kemampuan, riwayat organisasi, riwayat kepanitian, riwayat kerja, riwayat mantan ( ngak penting ). yang paling penting itu PENGHARGAAN ( menurut gue ).

Gue mau cerita dikit tentang tu kolom penghargaan. dulu ketika gw masih buat CV pertama kali, tu kolom penghargaan masih kosong mlompong broh. kan kampret amat ngetik kolom "penghargaan" tapi kagak ada isinya.

Nah dari situ gue mulai terpacu untuk nulis tu di kolom penghargaan. BUT jangan di isi penghargaan menang juara makan krupuk atau jumlah gebetan terbanyak ya... isi lah dengan penghargaan kalian di ajang-ajang keren, banyak kan lomba-lomba keren gitu. bahkan bisa dibilang teng tlecek ( tersebar dimana-mana ). setelah bertekat ngisi tu kolom, ternyata Allah SWT sangat ngerti bahwa aku pengen banget ngisi tu kolom. akhirnya kolom itu terisi dengan penghargaan yang tingkatnya NASIONAL ( Sujud syukur ).

Ngak cuma penghargaan, persis seperti apa yang gue bilang sebelumnya kalo riwayat kepanitian , riwayat organisasi, dan riwayat-riwayat kerja keras kalian itu penting untuk dituliskan. jangan cuma inget doang broh. Sayang tu keringat kalian berkucur dan berdarah-darah tapi kaga lo simpen di tempat yang layak.

Kalau kalian masih ngerasa CV lo tu masih kurang bernilai ya ditingkatin lah. lo ikut organisasi, kepanitian, komunitas, atau lomba-lomba yang lain yang bisa lo banggakan sehingga lo bisa tulis tu di CV kalian.

Motivasi !
 
Dari situlah, dari diri kita yang berbentuk tinta itulah kita bisa lihat tuh kek apa kita sekarang, lo bakal sadar semisal lo jejerin tuh CV lo yang masih isinya biodata kalian dengan para kalangan CEO lah yang CVnya tu buju buset.... udah kaya lo lihat batu giok harga  2 milliar atau kristal Sapir yang harganya bermiliaran tu. kinclong bener bro CV mereka. dari pada CV lo atau gw ? yaillah masih jauh.

nah disitulah CV itu berperan. dia akan selalu berbisik pada kita "Eh lo, gue beliin emas satu kilo kek dengan cara ikut lu lomba". ya seperti itulah The Power of CV.

Jadi..

Buat kalian yang belum berpikir CV itu penting, tolong dibuat dari sekarang, walaupun kalian masih SMP.  Good luck guys. semoga bisa membantu :)

"Sesuatu yang terpikir belum tentu teringat, sesuatu yang tertulis pasti selalu teringat"

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.